Home / MUSIK / Beragam Keindahan dari Sebuah Seni Jalanan Kota Ponorogo

Beragam Keindahan dari Sebuah Seni Jalanan Kota Ponorogo

Kota Reog yang Indah

Kota reog merupakan sebutan istilah dari kabupaten Ponorogo. Kabupaten Ponorogo terkenal ke berbagai penjuru dunia karena sebab kesenian tari reog yang fenomenal. Kota ini sangat indah dan nyaman untuk dapat Anda kunjungi. Jalanan kota yang serasa di Yogyakarta sebab banyak angkringan berjejer di pinggir jalan, patung-patung Reog dan berbagai macam keindahan bentang alam yang tak kalah indahnya. Kepopuleran Ponorogo tidak hanya berkat tarian reog namun masih banyak alasan selain itu. Alasan lain itu seperti kota Ponorogo terkenal akan kota yang masih sangat kental akan kebudayaan kesenian. Hal ini seperti perayaan grebeg suro yang tidak hanya terdapat festival reog namun juga ada kegiatan lain seperti kirab pusaka dan larungan sesaji. Terdapat juga acara pagelaran wayang kulit serta berbagai macam bazar makanan untuk memeriahkan acara. Anda juga dapat melihat pesta kembang api yang begitu menakjubkan. Kota ini juga memiliki banyak makanan khas yang lezat untuk dapat Anda santap atau bawa sebagai suvenir.

Beragam Seni Jalanan Kota Ponorogo

Kesenian budaya di kota ini tidak akan jauh dari sekitar grebeg suro. Akan tetapi juga terdapat keindahan seni jalanan kota yang merupakan sebuah kenikmatan tersendiri. Seni jalanan yang tidak hanya tentang lukisan dinding namun juga dalam artian luas tentang sebuah seni yang berada di jalanan. Anda akan menikmati kota Ponorogo saat Anda menyusuri jalanan kota yang gemerlap. Jalanan dengan seni patung yang indah serta terdapat mural-mural unik di pinggir kota. Juga menjadi sebuah kenikmatan saat Anda nongkrong di sebuah angkringan dengan meminum secangkir kopi. Juga terdengar alunan musik jalanan oleh pengamen kota. Hal itu semua merupakan sebuah pengalaman yang tidak akan dapat Anda lupakan. Beragam detail tentang seni jalanan kota Ponorogo sebagai berikut;

  • Kegagahan Seni Patung Kota

Sebuah unsur kegagahan akan dapat Anda lihat saat melihat patung-patung yang terdapat di jalanan kota Ponorogo. Patung yang gagah dan beragam di setiap sudut kota yang akan membuat Anda terkesan. Seni patung ini telah ada sejak zaman bapak Markum Singodimedjo selaku bupati Ponorogo saat itu. Pembangunan patung-patung di jalanan kota sebagai upaya untuk mempertegas bahwa Ponorogo merupakan kota seni. Patung-patung di Ponorogo biasanya mengandung unsur-unsur tarian reog yang sangat identik dengan kota ini. Terdapat sebuah patung utama berwujud Raden Klonosewandono yang membawa patung adiwiyata yang terletak di bundaran pasar Songgolangit. Selain seni patung juga terdapat seni ukir yang berada di bawah patung-patung tersebut. Oleh sebab itu unsur seni sangat ada dalam jalanan kota Ponorogo.

  • Pengamen Jalanan yang Profesional

Mendengar kata pengamen mungkin saja Anda akan memandang dengan sebelah mata. Namun berbeda halnya dengan pengamen di kota Ponorogo yang akan membuat Anda nyaman. Pengamen di kota ini menyanyikan alunan musik jalanan yang merdu dengan alat musik yang beragam. Alat musik tersebut terkadang berbentuk tradisional seperti terompet dan gamelan kecil. Sebuah Musik akan dapat membawa emosi ketenangan bagi diri Anda. Mungkin tentang musik jalanan Ponorogo masih kalah dengan kota Yogyakarta namun sebenarnya tidak jauh berbeda. Terkadang menjadi sebuah kenikmatan tersendiri saat Anda nongkrong di angkringan dan mendengar alunan musik dari pengamen jalanan. Suasana jalanan kota Ponorogo akan sangat berwarna akan kehadiran mereka tersebut.

  • Kesenian Budaya yang Menawan

Seni jalanan dalam artian luas juga termasuk berbagai macam tentang kesenian budaya. Tidak perlu Anda tanyakan lagi tentang seni budaya di kota Ponorogo ini. Kota Ponorogo yang memiliki beragam kesenian budaya terutama tarian reog akan dapat Anda saksikan hanya sekedar melalui jalanan kota. Jalanan kota yang beberapa waktu ramai oleh masyarakat yang akan menyaksikan berbagai jenis pegelaran kebudayaan. Tarian Reog juga terkadang dapat Anda nikmati saat mereka melakukan pentasnya di jalanan pusat kota. Kirab pusaka yang menyusuri jalanan pusat kota juga menambah nilai budaya yang menawan dari kota ini. Jalanan kota juga mendadak ramai namun senyap saat malam satu suro. Hal ini karena masyarakat setempat akan berkeliling memutari alun-alun kota dengan mulut diam. Sungguh sebuah seni budaya yang berada di jalanan yang sangat menarik bukan?

 

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER