Home / LUKISAN / Seni Jalanan: Cara Membuat Mural Terbaik di Pinggir Kota

Seni Jalanan: Cara Membuat Mural Terbaik di Pinggir Kota

Apa Itu Seni Jalanan?

Seni jalanan merupakan sebuah seni rupa yang membuatnya di area tempat publik umum. Istilah ini mulai muncul pada saat kepopuleran seni grafiti pada sekitar awal tahun 1980an. Maka sebenarnya seni jalanan termasuk mengembangkan seni dari grafiti dengan bentuk-bentuk sejenis. Selain seni grafiti terdapat juga berbagai macam jenis seni jalanan. Contoh dari seni jalanan modern antara lain seperti seni mural, seni poster dan juga seni stiker. Selain itu seni pahatan atau ukiran patung instalasi jalanan juga merupakan pengembangan dari seni jalanan. Banyak dan beragamnya seni jalanan juga menciptakan pengembangan dari ilmu seni rupa. Bahkan saat ini ada yang menyebut bahwa musik jalanan juga merupakan pengembangan lagi dari seni jalanan. Selain itu juga dengan adanya seni jalanan akan menciptakan sebuah keindahan visual di setiap sudut kota. Makna dari setiap seni jalanan juga perlu untuk kita renungi dari setiap karya tangan dingin mereka.

Cara Membuat Mural

Mural merupakan salah satu jenis seni jalanan yang populer saat ini. Mungkin Anda akan berpikir bahwa mural sama dengan seni grafiti. Namun sebenarnya keduanya berbeda karena mural merupakan pengembangan dari seni grafiti. Seni grafiti yang merupakan jenis seni tulisan dan coretan di dinding berbeda dengan seni mural. Hal ini sebab mural lebih kepada pembuatan seni gambar bebas apa saja dengan perpaduan warna di dinding. Jadi secara umum mural lebih berkembang dan beragam wujudnya daripada seni grafiti. Seni mural menciptakan sebuah keindahan juga kenyamanan untuk dapat Anda pandang. Apalagi jika seni mural menjadi seni jalanan yang tercipta di setiap sudut kota. Tentu saja itu akan menciptakan keindahan kota yang luar biasa serta membuat kota tersebut menjadi terlihat kota seni. Oleh sebab itu berikut cara membuat seni mural terbaik di dinding jalanan kota;

  • Lakukan Persiapan dengan Matang

Mural yang merupakan seni lukis dengan media pembuatan yang luas seperti di dinding memerlukan persiapan yang matang untuk memulainya. Persiapan yang matang sangat Anda perlukan untuk menciptakan kelancaran pada saat pembuatan. Persiapan tersebut antara lain Anda harus mempersiapkan media untuk melakukan seni mural. Media tersebut seperti dinding atau tembok yang kosong. Apabila Anda ingin menciptakan mural di dinding pinggir kota atau jalanan kota tentu saja Anda memerlukan izin dari pihak terkait. Setelah Anda mengurus perizinan dan juga mempersiapkan dinding sebagai media pembuatan mural, Anda harus mempersiapkan alatnya. Alat untuk membuat mural antara lain seperti kuas cat, palet, easel, berbagai jenis cat warna dan masih banyak lagi. Ini semua perlu Anda siapkan dengan baik untuk dapat membuat mural dengan lancar.

  • Rancang Konsep dan Warna

Sebelum Anda membuat mural terlebih dahulu Anda harus membuat konsep dan susunan warna pada mural. Mural yang baik tidak hanya terlihat indah namun juga memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Maka mural harus menciptakan sebuah gambar yang memiliki penyampaian makna untuk siapa saja yang melihatnya. Oleh sebab itu Anda memerlukan perancangan konsep terlebih dahulu sebelum membuat mural. Konsep mural itu sendiri perlu Anda renungkan dan pikirkan dengan cermat. Misalnya mural yang berada di rumah tentu saja berbeda konsepnya dengan mural yang ada di jalanan kota. Selain merancang konsep, Anda juga perlu merancang dan memilih warna yang sesuai serta padu. Cara memilih warna dapat Anda lakukan dengan melihat warna dominan di sekeliling Anda. Selain itu dalam memilih warna juga dapat menggunakan putaran atau roda warna dan juga pola gelap terang. Warna yang baik akan menciptakan mural yang baik pula. Oleh sebab itu rancanglah konsep dan warna yang tepat sebelum membuat mural.

  • Ciptakan Mural

Langkah terakhir dari pembuatan mural yang baik adalah dengan melakukan penciptaan mural. Mulai dengan langkah menghaluskan permukaan dinding sebagai media pembuatan mural. Hal ini berarti Anda perlu mengamplas permukaan dinding, menembel permukaan yang lubang serta membersihkannya. Semua ini akan menjadi kemudahan ketika Anda mulai menciptakan mural. Setelah itu tutup dinding dengan lapisan cat dasar yang biasanya berwarna putih. Selanjutnya Anda dapat segera membuat dan berkreasi untuk menciptakan seni mural yang indah. Pastikan Anda membuatnya dengan teliti dan sesuai dengan konsep awal supaya menciptakan mural yang indah dan terbaik.

Related Post

COMMENTS

Post your reply
We'll never share your email with anyone else.
Subscribe to our
MONTHLY NEWSLETTER